Sabtu, 02 Maret 2013

◕ Macam – macam Syurga ◕


Ada surga, karena ada hari Kiamat. Surga berasal dari Bahasa Sansakerta. Seseorang yang beriman, maka akan bergetar hatinya jika akan membahas tentang surga. Surga adalah tempat yang menyenangkan yang telah dijanjikan oleh Allah untuk orang orang yang beriman.
  • Macam – macam Surga :
1. Surga Firdaus.
Surga Firdaus merupakan surga yang tingkatannya paling tinggi.
“Surga itu terdiri dari seratus tingkat. Jarak antara yang satu dan yang lainnya seperti antara bumi dan langit. Dan tingkata tertinggi adalah surga Firdaus”. (HR Abu Sa’id Al Khudri)
Surga ini diciptakan dari emas yang merah. Surga ini diperuntukkan untuk orang orang yang khusyuk sholatnya, menjauhkan diri dari perbuatan sia sia, aktif menunaikan zakat, menjaga kemaluannya, memelihara amanah, menepati janji, dan memelihara sholatnya.
Terdapat dalam Q.S Al Kahfi/18:107-108
(107) “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka adalah surga Firdaus menjadi tempat tinggal, (108) mereka kekal di dalamnya, mereka tidak ingin berpindah dari padanya.

2. Surga Adn

Surga Adn terbuat dari Intan Putih. Surga ini diperuntukkan untuk orang orang yang bertakwa kepada Allah, benar benar beriman dan beramal shaleh, banyak berbuat baik, sabar, menginfakkan hartanya, dan membalas kejahatan dengan kebaikan.
Terdapat dalam Q.S Maryam/19:61
(61) ”yaitu syurga ‘Adn yang telah dijanjikan oleh Tuhan Yang Maha Pemurah kepada hamba-hamba-Nya, sekalipun (syurga itu) tidak nampak. Sesungguhnya janji Allah itu pasti akan ditepati.”
Q.S An Nahl/16:30-31
(30) “Dan dikatakan kepada orang-orang yang bertakwa: “Apakah yang telah diturunkan oleh Tuhanmu?” Mereka menjawab: “(Allah telah menurunkan) kebaikan.” Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini mendapat (pembalasan) yang baik. Dan sesungguhnya kampung akhirat adalah lebih baik dan itulah sebaik-baik tempat bagi orang yang bertakwa, (31) (yaitu) syurga ‘Adn yang mereka masuk ke dalamnya, mengalir di bawahnya sungai-sungai, di dalam surga itu mereka mendapat segala apa yang mereka kehendaki. Demikianlah Allah memberi balasan kepada orang-orang yang bertakwa,”

3. Surga Na’im

Surga Na’im terbuat dari perak putih. Surga Na’im sering disebut juga dengan Surga Kenikmatan. Surga ini diperuntukkan untuk orang orang yang benar benar bertakwa kepada Allah Subhanallahu Wa Ta’ala dan Beramal Shaleh.
Yang terdapat dalam Q.S Luqman/31:8
(8) “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, bagi mereka syurga-syurga yang penuh kenikmatan,”
Q.S Al Hajj/22:56
(56) “Kekuasaan di hari itu ada pada Allah, Dia memberi keputusan di antara mereka. Maka orang-orang yang beriman dan beramal saleh adalah di dalam syurga yang penuh kenikmatan.”
Q.S Al Qalam/68:34
(34) “Sesungguhnya bagi orang-orang yang bertakwa (disediakan) syurga-syurga yang penuh kenikmatan di sisi Tuhannya”.

4. Surga Ma’wa

Surga ma’wa juga disebut dengan Surga Tempat Tinggal. Dan Surga ini terbuat dari jamrud Hijau. Surga Ma’wa diperuntukkan kepada orang orang yang beratakwa kepada Allah, beramal Shaleh, serta takut kepada kebesaran Allah Subhanallahu Wa Ta’ala, dan menahan hawa nafsu.
Terdapat dalam Q.S An Najm/53:15
(15) “Di dekatnya ada syurga tempat tinggal”,
Q.S As Sajjdah/32:19
(19) “Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, maka bagi mereka jannah tempat kediaman, sebagai pahala terhadap apa yang mereka kerjakan”.

5. Surga Darussalam

Atau disebut juga sebagai Negeri penuh kesejahteraan. Surga Darussalam terbuat dari Yakut merah. Surga ini diperuntukkan kepada orang orang yang kuat iman dan Islamnya, memperhatikan ayat ayat Allah serta beramal shaleh.
Terdapat dalam Q.S Al An’am/6:127
(127) “Bagi mereka (disediakan) darussalam (syurga) pada sisi Tuhannya dan Dialah Pelindung mereka disebabkan amal-amal saleh yang selalu mereka kerjakan”.
Q.S Yusuf/10:25
(25) “Allah menyeru (manusia) ke Darussalam (surga), dan menunjuki orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus (Islam)”.

6. Surga Da’arul Muqamah

Surga ini terbuat dari Permata Putih. Surga Da’arul Muqamah disebut juga sebagai Surga Tempat tinggal. Surga ini diperuntukkan kepada orang orang yang yang selalu bersyukur kepada Allah, dia tidak pernah mengeluh, dan tidak pernah merasa lesu.
Terdapat dalam Q.S Fathir/34-35
(34) “Dan mereka berkata: “Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan duka cita dari kami. Sesungguhnya Tuhan kami benar-benar Maha Pengampum lagi Maha Mensyukuri. (35) “Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya; didalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu.”

7. Surga Al Maqamul Amin

Surga ini terbuat dari Permata Putih. Surga Al Maqamul Amin sering disebut juga dengan Tempat yang Aman.  Surga ini diperuntukkan untuk orang orang yang bertakwa . Terdapat dalam Q.S Ad Dukhan/44:51, (51) “Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman”,

8. Surga Khuldi

Surga ini sering disebut juga dengan Negeri Abadi. Surga ini terbuat dari Marja Merah dan Kuning. Surga ini diperuntukkan kepada orang orang yang menjalankan perintah Allah Subhanallahu Wa Ta’ala dan menjauhi larangannya. Terdapat dalam Q.S Hud/11:108,
(108) “Adapun orang-orang yang berbahagia, maka tempatnya di dalam syurga, mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain); sebagai karunia yang tiada putus-putusnya”.

Namun, menurut Ibnu Qayyim Al Jauziyyah Surga ada 4.
1. Al Jannah (surga)

2. Da’arul Hayawan
(Negeri kehidupan yang sesungguhnya)
Q.S Al Ankabuut/29:64, (64) “Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, kalau mereka mengetahui”.

3. Maq’ad Sidq
(Tempat yang disenangi)
Q.S Al Qamar/54:54-55, (54) “Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa itu di dalam taman-taman dan sungai-sungai, (55) di tempat yang disenangi di sisi Tuhan Yang Berkuasa”.

4. Qadam Sidq
(pijakan yang disenangi)
Itulah macam macam surga yang telah dijelaskan didalam Al Qur’an. Menurut hadis, yang akan memasuki Surga adalah umat Nabi Muhammad SHOLAALLLAHU ALAIHI WA SALAM. 120 shaf yang ditempati oleh Umat Rasulullah 80 Barisan. Dan sekitar 70 orang yang akan memasuki surga terlebih dahulu.

0 komentar:

Poskan Komentar